Defile Muqadam Warnai Pawai Taaruf MTQ Tanjungpinang

pawai-taaruf-tpi.jpg

TANJUNGPINANG, batamtoday - Pembukaan MTQ ke VII Tanjungpinang, diawali dengan pelaksanaan Pawai Taaruf kafilah dari seluruh kecamatan di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, Jalan Haji Agus Salim Tanjungpinang, Sabtu (18/5/2013).

Pawai Taaruf yang dihadiri Wali Kota Tanjungpinang, pimpinan SKPD, tokoh dan pemuka agama ini sendiri mengambil tema "Melalui MTQ ke VII, Kita Wujudkan Generasi Qur'ani dan Berakhlak Mulia".

Masing-masing kecamatan menampilkan ciri khas. Seperti Kecamatan Bukit Bestari, sebagai juara umum Seleksi tilawahtil Qur,an tingkat Kecamatan menghadirkan sinopsis defile barisan anak-anak pengajian di pedesaan dengan metode Muqadam yang dibalut dengan pakaian seadanya serta kain sarung sebagai penutup kepala bagi perempuaan.

Sedangkan laki-laki, kain sarung dilempangkan di bahu dan membawa obor sebagai suluh atau alat penerangan zaman dulu.

Dalam Pawai Taaruf ini, juga ditampilkan barisan khatam qur'an yang biasa dirayakan sesuai dengan tradisi masing-masing daerah.

Camat Bukit Bestari, Riwayat mengatakan, qori dan qoriah dari wilayahnya bersyukur menjadi juara umum selama dua kali berturut-turut pelaksanaan MTQ tingkat kota Tanjungpinang.

"Dan pada tahun 2013 ini, kami juga berharap akan kembali mendapat juara umum," kata dia.

Usai pelaksanan Pawai Ta'ruf, direncanakan akan dilakukan pembukaan MTQ ke VII pada Minggu (19/5/2013) besok.

Editor: Dodo

Share on Google+