Banner TJP

KPU Tanjungpinang Kembalikan 345 Berkas Bacaleg

pengembalian-berkas-kpu-pinang.jpg

TANJUNGPINANG, batamtoday - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang mengembalikan berkas 345 bakal calon legislatif (bacaleg) ke masing-masing partai peserta Pemilu untuk dilengkapi.

Pengembalian Administrasi Pra Daftar Calon Sementara (DCS) anggota anggota legislatif ini, dilakukan KPU Tanjungpinang kepada 12 unsur pimpinan partai politik peserta Pemilu, Rabu(8/5/2013).

"Dari 12 Parpol, hanya 11 yang calon legislatifnya lengkap di tiga dapil kecamatan kota Tanjungpinang. Sedangkan dua partai yakni PKB dan PKPI hanya memasukan calonnya sebanyak 15 orang dari 30 kursi DPRD yang diperebutkan," kata Plt.Ketua KPU Kota Tanjungpinang Julkifli Riauwan kepada batamtoday.

PKB sendiri, kata Jul hanya mendaftarkan calon legislatifnya masing-masing 5 orang di tiga dapil, demikian juga PKPI.

Namun dari 12 Parpol yang mendaftarkan bacalegnya, tambah Jul, rata-rata telah memenuhi 30 persen kuota keterwakilan perempuaan, bahkan ada yang melebihi.

Pengembalian berkas pra Daftar Calon Sementara Caleg dari masing-masing parpol ini, sendiri, dilakukan KPU dalam rangka tahapan pemenuhan administrasi yang kurang.

"Kalau item administrasi persyaratan sudah tepenuhi, namun dari 345 bacaleg, masih harus melengkapi item-item dari masing-masing seperti legalisir pada ijazah hingga masih Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Surat Test Kesehatan masih ada yang kurang, seperti tes kesehatan jasmani rohani ada, tetapi tes kesehatan bebas narkoba belum hingga kita katakan masih (TMS) dan hal ini yang harus dilengkapi calon dari masing-masing Partai," sebutnya.

Masa pelaksanaan melengkapi administrasi bacaleg dalam Daftar Calon Sementara ini akan berlangsung sejak hari ini hingga Sabtu (22/5/2013), sebelum akhirnya dilakukan verifikasi faktual ke sekolah bagi ijazah masing-masing caleg.

"Masa perbaikan pemenuhaan persyaratan bagai 345 Bacaleg yang administrasinya perlu diperbaiki, dilaksanakan hingga 22 Mei 2013, lalu kita lakukan verifikasi faktual, sebelum diumumkan menjadi Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota Legislatif yang mengikuti Pemilu pada 2014 mendatang," pungkas Jul.

Editor: Dodo

Share on Google+