Jika e-KTP Belum Jadi dan KTP Siak Kadaluarsa

Disdukcapil Persilahkan Warga Minta Surat Keterangan ke Kecamatan

sadri_khairuddin.jpg

BATAM, batamtoday - Sebagian masyarakat merasa kebingungan dengan e-KTP yang belum kunjung selesai, padahal kartu identitas tersebut sangat dibutuhkan untuk mengurus berbagai keperluan seperti pembayaran pajak kendaraan dan lain sebagainya.


Seperti dikeluhkan oleh Hendri, warga Seipanas. KTP Siak miliknya saat ini masa berlakunya sudah habis, sementara e-KTP sebagai penggantinya belum juga selesai.

"Saya mau ngurus surat nikah dan pajak kendaraan jadi tidak bisa. Padahal semuanya sudah mendesak," keluh Hendri kepada batamtoday, Sabtu (30/3/2013).

Dia berharap pemerintah bisa segera memberikan solusi karena semua urusannya jadi terkendala. "Jangan kita yang jadi korban, kalau telat bayar pajak motor kita juga yang rugi karena kena denda," kata Hendri.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Sadri Khairuddin mengatakan, ada ketentuan baru dari pusat, apabila kartu identitasnya telah habis masa berlakunya, bisa meminta surat keterangan dari kecamatan.

"Ketentuan baru, habis masa berlaku masih bisa pakai surat keterangan dari camat yang menerangkan bahwa e-KTP belum selesai untuk digunakan sesuai dengan keperluan masing-masing," kata Sadri.

Editor: Dodo

Share on Google+