Banner TJP

Sapi Bali, Hewan Kurban Terlaris di Batam

sapi_bali.jpg

BATAM, batamtoday - Dari penangkaran hewan di Seitemiang, Sekupang tercatat sampai dengan H-1 jelang hari raya kurban, sapi Bali ternyata hewan kurban terlaris di Batam.


Kadi, salah satu pemilik penangkaran di lokasi mengatakan dari 400 ekor sapi yang disediakan untuk hewan kurban, jenis sapi bali lah yang paling laris. Sampai dengan H-1, sapi bali tersebut sudah terjual sampai dengan 300 ekor.

"Yang paling laris jenis sapi Bali. Mungkin karena bobot dan harga yang terjangkau," katanya.

Adapun bobot sapi Bali yang dijual di penangkaran Seitemiang, kata Hadi sekitar 2 kuintal sampai 3 kuintal. Sementara harga yang relatif terjangkau sekitar Rp 10 juta hingga Rp 13 juta per ekornya.

Selain sapi Bali, di lokasi penangkaran Seiteming ada juga beberapa jenis sapi lain yakni Bramos, Metal dan Limosin. Namun, ketiga jenis sapi ini merupakan sapi dengan bobot yang besar dan harga yang juga mahal.

"Bramos, Metal dan Limosin itu jenis sapi besar. Paling yang laku sekitar belasan ekor saja," katanya.

Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2012 ini penjualan sapi kurban di Seitemiang menurun. Di lokasi Jagal Utama misalkan, sampai dengan H-1 yang sudah terjual masih 300 ekor, sementara tahun sebelumnya mencapai 500 ekor.

"Tahun ini ada penurunan dibanding tahun lalau," ujarnya singkat.

Meskipun penjualan sapi menurun, namun penjualan hewan kurban lain yakni kambing sedikit mengalami peningkatan. Dari 2.000 ekor yang disediakan, yang tersisa tinggal 300 ekor lagi.

"Penjualan kambing lumayan meningkat, tapi tetap belum mencapai target," tutupnya.

Share on Google+