Jelang Kurban, Sapi dan Kambing Mulai Didatangkan ke Batam

hewan_kurban.jpg

BATAM, batamtoday - Menjelang jatuhnya hari raya Idul Adha 1433 Hijriah atau hari raya Kurban, hewan ternak berupa sapi dan kambing mulai didatangkan ke Batam.


Meski hari raya Kurban baru jatuh pada 26 Oktober 2012 mendatang, namun sejumlah lokasi di Batam mulai tampak menunjukkan munculnya pedagang yang menjajakan hewan kurban tersebut.

Seperti Sapri, penjual hewan kurban di daerah Batu Besar. Dia mengaku hewan-hewan yang dijualnya itu didatangkannya dari Bandar Lampung.

"Ada 45 ekor sapi dan 250 ekor kambing. Baru datang dari (Bandar) Lampung tadi pagi menggunakan kapal," kata Sapri, Kamis (27/9/2012).

Satu harga sapi, katanya akan di jual berkisah seharga Rp12 jutaan keatas, sedangkan satu ekor kambing akan dijuak berkisar Rp1,5 hingga 1,6 juta.

Menurutnya, sesampainya hewan kurban ini, pihak karantina sudah memeriksa kesehatan sapi dan kambing miliknya. Dalam seminggu kedepan, sudah mulai ramai pemesan dari Kecamatan Nongsa maupun Kecamatan Batam Kota.

"Dari pengalaman tahun sebelumnya, kebutuhan korban yang kita siapkan kurang. Karena dari tahun sebelumnya kami siapkan 300 kambing dan 60 ekor sapi," jelasnya.

Dari 300 ekor sapi itu, sebanyak 60 ekor kambing mati karena faktor cuaca. Dan sebanyak 45 ekor dan 250 ekor kambing yang baru didatangkan ini, rencananya akan ditambah lagi guna permintaan pasar.

Share on Google+