Simulasi Penanggulangan Kecelakaan

Pesawat Garuda Terbakar di Hang Nadim

Bandara-Hang-Nadim-Batam.jpg

BATAM, batamtoday - Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 150 type Boing 737-900 ER rute Batam-Jakarta tiba-tiba  mengalami trouble engine dalam perjalanan setelah 30 menit take off dari bandar Udara Hang Nadim Batam. Informasi itu didapatkan oleh Petugas Watchroom mendapat informasi dari Air Traffic Control (ATC) Kamis (10/5/2012) sekitar pukul 09.00 WIB.

Usai mendapatkan informasi tersebut, tak lama dari dalam pesawat tiba-tiba terdengar suara ledakan dan pesawat langsung berhenti mendadak di ujung sisi kanan Runway 04 Bandara Hang Nadim Batam.

Dengan sigap dan pembekalan yang telah dipelajari selama ini tim Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam kebakaran (PKP-PK)langsung mengambil tindakan, semua personil dengan kendaraan operasinya bergerak menuju Crash Area, dan langsung melakukan tindakan penyelamatan pemadaman dan dan berusaha melakukan evaluasi penumpang kepada pesawat yang mengalami kecelakaan. 

Dengan cekatan para anggota tim pemadam menyiramkan air ke arah pesawat yang terbakar, mereka juga mengeluarkan satu per satu korban yang berada di dalam pesawat.

Sementara itu, tim di mobil ambulance telah siaga melakukan pertolongan medis terhadap penumpang yang baru turun dari dalam pesawat untuk dievakuasi.

Kejadian diatas bukanlah peristiwa yang benar-benar terjadi, melainkan hanya merupakan skenario latihan triwulan II yang dilakukan oleh tim PKP-PK bandara Hang Nadim Batam. Sedangkan asal api yang berada di sana berasal dari puluhan ban bekas yang sengaja dibakar oleh mereka untuk aksi simulasi.

Simulasi ini sendiri adalah kegiatan rutin yang dilakukan setiap tiga bulan sekali, dimana tujuannya adalah untuk mengantisipasi kecelakaan-kecelakaan yang kerap terjadi pada penerbangan.

"Simulasi kali ini berjalan lancar. Kegiatan rutin triwulan sekali ini sengaja dilakukan untuk mengasah anggota dalam melakukan pertolongan dan pengamanan sehingga mereka benar-benar terlatih," ujar Roni Agusta, Humas Bandara Hang Nadim Batam.

Dalam simulasi ini sebanyak empat kendaraan From Tender dilibatkan dalam simulasi ini, selain itu juga ada Nurse Tender dan dua mobil Ambulance, sebanyak 50 personil juga ikut serta dalam simulasi kali ini.

Share on Google+